• Kumpulan Tips Trik Cerdas

    Kumpulan tips dan trik terkait tentang kesehatan, olahraga, kecantikan, gaya hidup, rumah tangga, dan sebagaianya

    Selasa, 14 Maret 2017

    Tips Cerdas Perawatan Kulit Sehat



    Kepribadian adalah representasi holistik tentang siapa Anda di mata orang lain. Oleh karena itu, kulit Anda berperan sangat penting untuk penampilan terbaik Anda. Kulit cantik dan sehat akan menambah kepribadian Anda, karena hal itu menunjukkan kepedulian Anda terhadap diri sendiri dan segala sesuatu di sekitar Anda. Itulah sebabnya banyak orang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk kosmetik atau perawatan kulit disalon kecantikan. Sebanyak mereka berusaha untuk memberikan sentuhan atas menit terakhir, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk menjaga kulit Anda agar selalu sehat.

    Sebelum kita memberikan tips untuk kulit yang sehat, kita juga perlu untuk menyebutkan apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.
    Berikut dibawah ini beberapa hal penyebab utama kerusakan kulit:

    1. Kurangnya hidrasi: Sama seperti bagian tubuh yang lain, kulit juga perlu terhidrasi agar terjaga kelembaban dan elastisitasnya. Sel-sel kulit juga terbuat dari air dan perlu diisi ulang agar tetap terhidrasi. Minum banyak air adalah satu-satunya cara untuk menjaga menghindari kulit kering dan menjaganya elastis karena air telah diklaim sebagai makanan terbaik untuk kulit.

    2. Merokok: Merokok akan menyebabkan kerentananan terhadap berbagai masalah pernapasan dan jantung. Selain itu juga akan menyebabkan kerentanan terhadap kulit, sehingga menjadi kering dan pecah-pecah.

    3. Sinar matahari: Memang menyenangkan jika beraktifitas diluar ruangan dan di bawah sinar matahari. Namun papara UV matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Anda tidak bisa menghindari matahari,  tetapi Anda dapat menggunakan perlindungan kulit dari matahari.

    4. Kurang olahraga: Kurang olahraga bisa membuat Anda gemuk, yang pada akhirnya bisa membawa banyak masalah kesehatan. Hal ini juga bisa membuat kulit menjadi kurang berkilau atau kusam. Aliran darah yang cukup dan lancar sangat penting, agar oksigen bisa menjangkau dengan baik ke seluruh tubuh untuk setiap sel termasuk sel-sel kulit.

    5. Kebiasaan makan yang buruk: Kulit sangat membutuhkan nutrisi yang berbeda, dan anda tak akan menemukannya dalam makanan cepat saji kegemaran Anda. Dengan memasukkan nutrisi yang tepat dari diet sehat, maka kulit Anda akan merespon dengan cara memperlihatkan keindahannya.
    Sekarang Anda sudah tahu tentang apa yang Anda butuhkan untuk kesehatan kulit Anda, dan berhenti untuk melakukannya. Berikut ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat:

    Tips Cara untuk mendapatkan kulit yang sehat

    Minimalkan penggunaan makeup

    Minimalkan penggunaan makeup. Tidak perlu harus selalu menggunakan blush, concealer, foundation, mousse atau apapun itu. Ini hanya dapat memberikan lapisan untuk kulit Anda sehingga kulit kelihatan cerah, tapi bagaimanakah keadaan kulit Anda yang sesungguhnya? Apakah benar-benar cerah? Tidak peduli seberapa mahal merek kosmetik yang Anda pergunakan, semua itu sebagian besar bisa merusak kulit Anda. Kami tidak menyuruh Anda untuk membuang makup dari rak Anda, namun gunakan pada hari-hari tertentu/khusus saja. Sisanya Anda bisa hanya menggunakan toner, dan untuk melembabkan kulit  gunakan tabir surya. Biarkan kulit Anda bernapas.

    Pembersihan wajah

    Semua ahli kecantikan sudah seringkali menasehatkan bagaimana cara yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah untuk segera membersihkan semua kotoran dan make-up dari kulit Anda setelah menempel seharian. Wajah Anda harus dibersihkan dari semua bahan kimia yang terdapat dalam makeup. Makeup bertindak sebagai masker yang ketat di wajah Anda dan membuat pori-pori wajah Anda tersumbat. Jika Anda pergi ke tempat tidur masih dengan semua makeup ini, alhasil ketika Anda bangun pada keesokan harinya sudah dengan jerawat besar.

    Menggunakan tabir surya

    Tabir surya adalah suatu keharusan untuk kulit Anda, karena Sinar matahari diluar bisa berbahaya bagi kulit. Kanker kulit, penuaan dini, kulit ruam semua ini bisa disebabkan karena kulit Anda terlalu banyak terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan apapun.
    Gunakan sesendok besar tabir surya dengan SPF di wajah Anda setiap kali Anda akan keluar rumah untuk melindungi kulit Anda dari semua anomali yang disebabkan oleh sinar matahari. Ahli kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya, bahkan ketika berada di rumah atau di dalam mobil atau bahkan dalam penerbangan.

    Exfoliating wajah

    Semua tips tentang kulit sehat bagi wanita mengatakan bahwa harus melakukan mengelupaskan wajah(Exfoliating) setidaknya dua kali dalam seminggu. Menggosok wajah akan membersihkan sisa kulit mati padat wajah, yang mungkin bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan komedo. Menggosok wajah juga akan meningkatkan kecerahan kulit Anda, juga membersihkan kulit dari semua racun. Namun jangan setiap hari, karena bisa menyebabkan kulit kering.

    Melembabkan

    Selain menjaga hidrasi secara internal melalui banyak minum, Anda juga perlu untuk menggunakan pelembab yang baik untuk memberi makan kulit Anda. Pelembab tidak menambahkan kelembaban, akan tetapi untuk mengunci kelembaban, karenanya penting untuk menjaga kulit dari dehidrasi. Lakukan rutin setiap hari setelah mandi untuk melembabkan wajah Anda agar tetap terhidrasi. Sebelum tidur, letakkan handuk yang dibasahi air hangat di wajah Anda untuk beberapa saat. Dengan cara ini pori-pori wajah Anda akan membuka, yang memungkinkan pelembab untuk bisa meresap ke dalam kulit Anda.

    Makan makanan yang tepat untuk mendapatkan kulit yang sehat

    Makanan akan memberikan kehidupan pada kulit Anda. Segala sesuatu yang Anda makan sehari-hari berkontribusi untuk kulit yang sehat. Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga kulit sehat:

    a. Makanan yang kaya Vitamin C :

    Vitamin C memproduksi kolagen yang bertanggung jawab untuk ketegasan kulit Anda. Jadi bisa dipahami,  jika kekurangan vitamin C akan mengarah ke pembentukan kerutan pada usia dini. Vitamin C juga merupakan anti-oksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan kolagen. Dengan makanan yang kaya vitamin C, maka kulit Anda tidak akan pernah mengalami kekeringan, keriput,  dan garis-garis halus di sekitar mata atau bibir. Buah-buahan jeruk, stroberi, brokoli dan paprika merah bisa Anda masukkan kedalam diet untuk kulit agar terlihat lebih muda.

    b. Vitamin A:

    Semua sayuran berdaun merah, oranye dan hijau merupakan sumber yang kaya beta-karoten (pro vitamin A). Hal ini diperlukan untuk pembentukan sel, sehingga permukaan kulit Anda tetap halus. Karotenoid juga melindungi kulit dari sinar matahari. Lobak, ubi jalar, wortel, bayam, labu semuanya merupakan sumber yang kaya Vitamin A.

    c. Lemak sehat:

    Kacang-kacangan adalah sumber lemak yang baik untuk kesehatan. Lemak dari kacang adalah asam lemak omega-3 yang sehat. Makan segenggam almond dan kenari setiap hari untuk kulit yang bersih dan kenyal. Biji rami adalah pilihan lain yang baik untuk mendapatkan asam lemak omega-3 . Jika Anda adalah seorang non-vegetarian, makanlah ikan salmon minimal dua kali dalam seminggu, karena jenis ikan ini kaya akan omega-3 .
    Minyak yang anda konsumsi dari masakan juga harus diperhatikan. Beralihlah ke minyak zaitun yang merupakan sumber yang kaya lemak tak jenuh tunggal atau lemak yang sehat. Hal ini akan membuat kulit bersih dan terlihat cerah.

    d. Tomat:

    Tomat sangat istimewa untuk kulit wajah yang sehat. Buah sayuran ini mengandung bahan ajaib yang disebut dengan lypocene, yang merupakan anti-oksidan yang membantu kita untuk melawan penuaan. Hal ini bisa menjaga kulit Anda dari semua tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik gelap dan kulit kendor.

    e. Zinc dan zat besi:

    Telur, daging, tiram dan sereal merupakan sumber yang baik seng dan zat besi bagi tubuh Anda. Zinc membantu memproduksi sel untuk mengganti sel-sel yang mati, sehingga akan memberikan wajah Anda terlihat segar. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh.

    f. Makan makanan tinggi Serat:

    Jika Anda adalah orang yang menderita jerawat sering, maka pikirkan untuk makan-makanan yang kaya serat dalam diet Anda. Salah satu alasan berjerawat adalah gangguan pencernaan. Dan solusi terbaik adalah dengan menjaga sistem pencernaan dengan makanan yang kaya serat. Roti gandum, beras merah, apel, pisang, oatmeal adalah solusi yang terbukti untuk meminimalkan jerawat.

    g. Cukup minum Air:

    Minumlah cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap dehidrasi. Jangan biarkan kulit Anda merasa haus. Untuk mendapatkan penampilan kulit yang lembut, kenyal dan segar, cukup minum air putih adalah suatu keharusan. Ikuti diet ini untuk kulit yang sehat, dan kurangi makan semua makananyang berlemak yang digoreng dan tidak sehat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar